Sejarah

56d6ad655da6c-kampung-inggris-pare-kediri_663_382Pernahkah kamu mendengar tentang kata “Kampung Inggris”?Bagi beberapa orang yang baru pertama kali mendengarnya mungkin sempat berfikir kalau Kampung Inggris adalah suatu kampung yang dihuni oleh banyak orang Inggris atau bule. Nah, lewat artikel ini kamu akan tahu mengenai apa itu Kampung Inggris

Kampung Inggris merupakan sebuah kampung yang terletak di Kediri tepatnya di Desat Singgahan dan Desa Tulungrejo, Pare. Di tempat ini, kamu akan menemukan banyak sekali berdiri tempat kursus Bahasa Inggris, totalnya sekitar 150 lembaga kursus. Di Kampung Inggris kamu bisa mendapatkan pengalaman belajar Bahasa Inggris yang menyenangkan dan efektif karena setiap pesertanya harus mempraktekkan berkomunikasi dengan Bahasa Inggris, bahkan beberapa kos di sana mengharuskan penghuni kosnya untuk selalu menggunakan Bahasa Inggris untuk berbicara dengan penghuni kos yang lain.

Sebelum mengenal lebih lanjut tentang Kampung Inggris Pare, kita akan mengenal sejarah Kampung Inggris ini. Dimulai dari tahun 1976, seorang santri yang berasal dari Kartanegara bernama Kalend Osen, beliau tengah belajar di Pondok Modern Gontor Ponorogo. Karena keterbatasan biaya, saat menginjak kelas lima SD, beliau harus meninggalkan pendidikannya.

Di saat sulit tersebut, beliau bertemu dengan KH Ahmad Yazid , seorang usztad yang tinggal di Pare. KH Ahmad Yazid diketahui menguasai sebanyak delapan bahasa asing termasuk Bahasa Inggris, bahkan pada masa itu, mantan Presiden Soeharto sering meminta bantuan kepada beliau sebagai penerjemah.

Di lain sisi, ada dua mahasiswa IAIN Sunan Ampel Surabaya yang datang untuk mempelajari Bahasa Inggris dan Bahasa Arab. Selanjutnya kedua tokoh ini menjadi pendiri Kampung Inggris Pare yaitu Umar Abdullah dan Sukardiono.

Karena Kalend Osen telah terlebih dahulu belajar bahasa asing pada KH Ahmad Yazid, maka Kalend Osen memberikan pendidikan bahasa asing kepada kedua mahasiswa tersebut. Kalend Osen juga mendirikan salah satu English Camp yang pertama. Kalend Osen menjadi salah satu guru yang memberikan inspirasi bagi siswanya karena selalu memberikan motivasi dan pengajaran yang menyenangkan dan efektif. Berawal dari satu lembaga kursus yang membuat munculnya lembaga- lembaga kursus yang lain yang sampai sekarang berjumlah sekitar 150 ini.

Tidak hanya di Indonesia, ternyata Kampung Inggris Pare telah dikenal sampai ke manca negara. Seorang antropolog bernama Clifford Geertz yang saat itu adalah mahasiswa doktoral yang pernah berdikusi dengan salah satu perintis dari Kampung Inggris.

Selain sejarah Kampung Inggris Pare, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang kampung ini, di antaranya adalah:

  • Berlokasi sekitar 25km dari Kediri dan 120 km dari Surabaya, kamu dapat mencapai kampung ini dengan cukup mudah. Jika dari Jakarta, kamu bisa menggunakan jasa transportasi kereta api atau bis untuk menuju Jombang atau Kediri setelah itu baru menuju Kampung Inggris Pare ini.
  • Kegiatan belajar mengajar di kampung ini dimulai tanggal 10 atau 25 setiap bulan. Kamu bisa memilih jadwal yang cocok untukmu. Lebih asyik lagi kalau kamu mengambil paket di saat liburan sekolah, jadi kamu bisa mengisi liburanmu dengan sesuatu yang bermanfaat dan menyenangkan.
  • Ada banyak program yang bisa kamu ikuti di lembaga- lembaga kursus di kampung ini di antaranya adalah grammar, TOEFL, IELTS dan lain sebagainya. Untuk memilih program, kamu bisa mempertimbangkan yang sesuai dengan kebutuhanmu.
  • Walau rajin belajar, ada saatnya untuk liburan. Sabtu Minggu adalah waktu yang tepat untuk liburan di sela- sela belajarmu, karena lembaga kursus di sini biasanya memberikan waktu Sabtu Minggu untuk berlibur dan refreshing.

Demikian tentang Kampung Inggris Pare dan sejarahnya. Semoga bermanfaat.

Sumber:

http://duduul.com/sejarah-awal-mula-berdirinya-kampung-inggris-pare-di-kediri/

http://kampunginggrisku.com